File Transfer Protocol

File Transfer Protocol atau yang singkatnya biasa kita sebut FTP adalah sistem yang digunakan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya melalui jaringan komputer (intranet maupun internet).
Sumber: www.thoro.de
Proses transfer file melalui FTP ini melibatkan 2 jenis komputer, yaitu komputer server FTP dan komputer client. FTP berkerja menggunakan salah satu protokol yang dapat diandalkan untuk urusan komunikasi data antara client dan server, yaitu protokol TCP (lebih tepatnya menggunakan port nomor 21). Dengan adanya protokol ini, antara client dan server dapat melakukan sesi komunikasi sebelum pengiriman data berlangsung.


Server VS Client

FTP Server 
FTP Server ini fungsinya untuk menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file (File Exchange) dan memberikan layanan FTP apabila mendapatkan request atau permintaan dari FTP Client. Oiya, server ini juga bisa mengatur jenis layanan FTP nya, fellas. Layanan tersebut terbagi menjadi :
Anonymous FTP Server atau dapat juga disebut Public FTP Server. Server komputer ini dapat diakses dan terbuka bagi semua pemakai internet. File-file dalam server ini dapat di-download secara gratis.
Private FTP Server, Server komputer ini hanya bisa diakses dan dipergunakan oleh user tertentu yang terdaftar secara resmi. Server ini biasanya berisi data dan informasi pribadi yang khusus digunakan untuk pemakai tertentu atau perusahaan tertentu.

FTP Client
FTP Client merupakan sebuah sistem komputer lokal yang hendak melakukan koneksi dengan server FTP melalui jaringan internet atau LAN agar dapat melakukan proses pentransferan data (pentransferan file) dengan komputer server FTP. Supaya bisa melakukan tukar menukar file, komputer client harus memiliki software FTP client. Berikut ini beberapa software FTP yang dikelompokkan sesuai sistem operasinya :
Microsoft Windows 3.1/NT/9x/ 2000/XP : CuteFTP, WS_FTP, CoreFTP, SmartFTP, FTP Chameleon dan lain-lain.
DOS : Minuet dan NCSA FTPbin
UNIX (dan LINUX), selama sistem tersebut dilengkapi dengan TCP/IP maka di dalamnya telah disertakan pula program klien FTP.


Mekanisme FTP

https://digitalguardian.com/sites/default/files/ftp-diagram.gif
Sumber : https://digitalguardian.com/

http://static.commentcamarche.net/en.kioskea.net/pictures/internet-images-modeleftp.gif
Sumber : http://static.commentcamarche.net
Metode yang digunakan oleh FTP adalah metode autentikasi standar, dimana diperlukan username dan password untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server. Pengguna yang terdaftar (memiliki username dan password) memiliki akses penuh pada beberapa direktori-direktori beserta file-file yang ada di dalamnya sehingga pengguna yang terdaftar tersebut dapat membuat, menyalin, memindahkan atau bahkan menghapus direktori-direktori tersebut. Cara kerjanya, terlebih dahulu FTP client harus meminta koneksi kepada FTP server, jika sudah terhubung dengan FTP server maka FTP client dapat melakukan pertukaran data seperti upload dan download data.

Untuk lebih mudah memahaminya, cara kerja FTP ini bisa kita analogikan sebagai proses transaksi di bank. Anggap saja bank teller sebagai server dan customernya sebagai client. Nah untuk bisa melakukan transaksi seperti menabung, tentu saja kita harus melakukan autentikasi seperti memberikan formulir/slip untuk menabung yang telah kita isi sebelumnya dan tidak lupa memberikan buku tabungannya juga, baru deh setelah itu kita dapat memberikan uangnya untuk ditabungkan... formulir/slip dan buku tabungan itu ibaratnya sebagai username dan password, sedangkan menabung ialah command pada FTP.

Oiya, meskipun cukup mudah dalam implementasinya, melakukan file transfer menggunakan FTP ini ternyata tidak aman. Hal ini dikarenakan file tersebut ditransfer tanpa dienkripsi terlebih dahulu sehingga data-data yang dikirim rentan terkena sniffing oleh para hacker.


Manfaat FTP

➸ Kita dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah, walaupun file tersebut memiliki ukuran yang besar
➸ Bagi pemilik website, dengan adanya FTP, mereka dapat melakukan backup website mereka dengan mudah
➸ Kita dapat melakukan indirect maupun implicit remote computer
➸ FTP menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.




Sumber :
 

Agus. 2011. Materi Tentang FTP. Diambil dari: http://agusa39.blog.com/2011/06/23/materi-tentang-ftp/. Diakses 11 Maret 2016.

Maryono, Y., B. Patmi Istiana. 2008. Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bogor: Quadra.

Suhartono, Richard. 2014. Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja FTP (File Transfer Protocol). Diambil dari: http://net.itmaranatha.org/2014/06/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-ftp-file-transfer-protocol/. Diakses 11 Maret 2016.

Zakaria, Muchammad. 2015. Pengertian FTP beserta Fungsi dan Cara Kerjanya. Diambil dari: http://nesabamedia.com/pengertian-ftp/. Diakses 11 Maret 2016.








Unknown

Hi there! You just read File Transfer Protocol. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

No comments:

Post a Comment

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.