Teknologi Game (Part 2)


Interaksi Fisik dalam Teknologi Game

Sumber: http://educateinspirechange.org/
Dalam memainkan game tentunya membutuhkan interaksi fisik pemain terhadap perangkat gamenya. Dengan adanya interaksi ini menimbulkan berbagai dampak terhadap penggunanya. Adapun dampak tersebut adalah:

Dampak Positif
  • Membuat dapat mengambil keputusan lebih cepat
    Di dalam game, gamer harus cepat membuat keputusan, jika tidak bisa mengambil keputusan dengan cepat, mungkin gamer bisa saja mati atau kalah dalam game. Misalnya, jika gamer bermain game strategi, gamer harus bisa memutuskan dengan cepat, antara menyerang dan bertahan. Jika terlalu lama berpikir, lawan bisa dengan mudah mengalahkannya.
  • Dapat membantu mengurangi rasa sakit
    Kadang, saat kita sakit, seperti tidak enak badan, luka-luka, dan lain-lain. Setelah kita bermain game, sakit itu tidak terasa atau tidak terlalu terasa karena kita fokus bermain game.
  • Mengurangi stress
    Saat kita stress akibat banyak pekerjaan atau tugas. Kita bisa bermain game sebagai hiburan, tentunya ini bisa mengurangi stres. Tapi jangan lupa dengan pekerjaannya ya.
  • Mendapat teman baru
    Di game online seperti Dota 2, Warframe, dan lain-lain banyak gamers dari berbagai negara yang bermain game tersebut. Kadang kita diajak untuk chat, bahkan berkenalan. Kita bisa menambah pertemanan melalui game.
  • Membuat lebih pintar berbahasa Inggris
    Rata-rata gamers mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik daripada non gamer, karena game umumnya memakai bahasa Inggris. Ini membuat gamer terbiasa dengan bahasa Inggris.
Dampak Negatif
  • Membuat kecanduan yang berlebihan
    Bermain game tentunya dapat membuat kecanduan, karena game merupakan sebuah hiburan. Tapi bermain game secara terus-menerus membuat kita lupa waktu. Hal ini membuat kita lupa dengan pekerjaan, makan, dan lain-lain.
  • Membuat mata rusak
    Menatap layar monitor berjam-jam untuk bermain game tentunya akan membuat mata kita berair atau perih. Bahkan, jika terlalu sering, mata kita bisa minus atau plus dan harus menggunakan kacamata.
  • Membuat malas
    Bermain game akan membuat kita lupa segalanya. Kita hanya fokus terhadap game yang kita mainkan. Kita akan malas bekerja atau mengerjakan tugas.
  • Membuat tidak konsentrasi
    Saat kita belajar atau bekerja, kita tidak konsentrasi terhadap apa yang sedang kita kerjakan. Pikiran kita hanya tertuju pada game-game yang telah kita mainkan.
Collision Detection
Algoritma untuk mendeteksi collision (tabrakan) sangat dibutuhkan untuk program game. Desain interaksi adalah praktek merancang interaktif digital produk, lingkungan, sistem dan layanan ini berfokus pada perilaku. Bagaimana pengguna bertindak dan bagaimana produk menanggapi perilaku pengguna. Mengingat meningkatnya fokus pada desain interaksi pada umumnya, dan di media sosial, hiburan dan produk fisik baru pada khususnya, program ini bertujuan untuk memberikan desainer interaksi dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan yang terus berubah ini muncul segmen pasar kerja.
Program ini memungkinkan spesialisasi berikut:
  1. Interaksi desainer berfokus pada desain antarmuka pengguna dan visualisasi informasi.
  2. Interaksi desainer berfokus pada interaksi yang nyata.
  3. Interaksi desainer terfokus pada hiburan, games dan media sosial.
  4. Pengembang game dengan beberapa pengalaman desain gameplay dan desain interaksi.

User Interface pada Game Komputer

Sumber: https://static3.scirra.net/
Desain user interface dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player. Sebuah Desain Antarmuka (Interface) pada suatu Game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut. Dalam desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah :
  • Spatial: Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik). Outline karakter dalam Left 4 Dead adalah contoh dari non-diegetik User Interface spatial.
  • Meta: Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Duty Calls- The Calm Before the Storm
  • Diagetic: Desain antarmuka yang termasuk dalam permainan game  yaitu yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll  Contoh: Interface  dalam game Dead Space, pada game Assassin’s Creed
  • Non-diegetic: Desain  Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya. Mass Effect 3 menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan pemain senjata karakter dipilih dan kekuasaan - antara lain.
Penggunaan icon pada game juga mempengaruhi kenyamanan pemain dalam memilih perintah-perintah pada game. Desain icons dalam user Interface dibedakan menjadi dua jenis yaitu picons dan micons.

Penampilan Grafik Scene Game Komputer

Visibility
Visibility adalah tampilan grafik scene game pada komputer. Bagaimana sebuah game terlihat menarik oleh user dan berkualitas sehingga user menikmati game tersebut. Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:

  • Dua Dimensi graphic

    Sumber: http://i50.tinypic.com/
    Gambar 2D biasanya hanya memiliki sumbu x dan y saja serta berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object, sebagai latar belakang seperti langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.
  • Tiga Dimensi object/model

    Sumber: http://www.rockthe3d.com/
    Merupakan model/object 3D yang nantinya memiliki sumbu x,y, dan z yang nantinya dijadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata, musuh, permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.

Level of Detail
Pada komputer grafis, akuntansi untuk tingkat detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi objek 3D seperti bergerak menjauh dari penampil atau sesuai metrik lainnya seperti objek penting, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi.

Tingkat teknik detil meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul ketika jauh atau bergerak cepat.

Untuk konsep menggambar LOD sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci saja, konsep dasar bisa disamaratakan. Baru-baru ini, teknik LOD termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol kompleksitas pixel.

Game Berjaringan

Sumber: http://www.gametweeps.com/
Game berjaringan ini biasanya lebih popular disebut dengan game online. Game Online itu sendiri adalah adalah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Game saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Game Online terdiri dari berbagai macam, mulai dari yang paling sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus. Dalam game online, ada dua unsur utama, yaitu server dan client. Server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client, sedangkan client adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server. Game online bisa juga disebut sebagai bagian dari aktivitas sosial karena pemain bisa saling berinteraksi secara virtual dan bisa juga menciptakan suatu komunitas dalam game tersebut.

Jenis Game Online
  • Cross-Platform Online, salah satu game online yang bisa dimainkan dengan hardware yang berbeda misalkan kita menggunakan pc dan teman kita menggunakan sebuah console game seperti Xbox 360 yang sudah dilengkapi koneksi internet. Contoh: Mortal Kombat XL, Street Fighter V.
  • Multiplayer Online Games, adalah game yang bisa dimainkan oleh pemain yang dalam jumlah besar, dan sesama pemain bisa saling berinteraksi langsung. Contoh: Dota, Call Of Duty, Warcraft.


Sumber :

Kurniawan, Febri. 2015. Dampak Positif dan Negatif Bermain Game. https://gamebrott.com/dampak-positif-dan-negatif-bermain-game/. Diakses 27 Maret 2017.
Nugraha, Arief. 2016. User Interface pada Game. http://ariefnugrahaa.blogspot.co.id/2016/05/user-interface-pada-game.html. Diakses 27 Maret 2017.
Aji, Dimas Setya. 2016. Pengantar Teknologi Game. http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html#ixzz4baKw6J2V. Diakses 27 Maret 2017.
Santie, Faradilla. 2011. Apa Itu Game Online. http://cuma-aqyu.blogspot.co.id/2011/04/apa-itu-game-online.html. Diakses 27 Maret 2017.
Loffhagen, Matthew. 2016. 10 Games That Should Allow PS4 and Xbox Cross-Play. http://screenrant.com/best-sony-microsoft-cross-play-games/?view=all. Diakses 27 Maret 2017.


Unknown

Hi there! You just read Teknologi Game (Part 2). Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

1 comment:

  1. Borgata Hotel Casino and Spa - MapyRO
    Information, hours and contact information for Borgata Hotel Casino 고양 출장마사지 and 과천 출장안마 Spa in 안동 출장샵 Atlantic City, NJ. 광양 출장마사지 See activity, reviews and ratings. 사천 출장샵 Map

    ReplyDelete

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.