Hypertext Transfer Protocol

Pada awal URL suatu web biasanya selalu ada tulisan HTTP atau ada juga yang HTTPS. Terus, apaan sih itu HTTP?

Sumber: upload.wikimedia.org



Apa itu HTTP?

Hypertext Transfer Protocol atau HTTP adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengatur cara pengiriman data antara 2 alat / mesin, misalnya: antara server Web dan komputer kita. Nah, sistem pengaturan pengiriman data inilah yang disebut protokol. Protokol ini menguraikan jenis pesan server dan client yang dapat dikirimkan kepada satu sama lain.


Sejarah  HTTP

https://www.speakersassociates.com/sites/default/files/styles/speaker_profile_main/public/Tim-Berners-Lee-Sir-innovation-speaker_clipped_rev_2.png?itok=RBwgpvG4
Tim Berners-Lee
HTTP pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee dan diperkenalkan pada tahun 1989. HTTP dibuat bertujuan untuk penunjang dari penggunaan WWW dengan protokolnya HTTP. Saat itu versi yang digunakan masih menggunakan versi standar yaitu V 0.9. Versi ini merupakan sebuah Protokol Transfer dokumen secara mentah (data yang dikirim berbentuk asli tanpa mengkonvert tipe dokumen yang dikirim).


Seiring permintaan dan kebutuhan dari penggunaan HTTP ini, maka pada tahun 1996 terjadi modifikasi HTTP yang berubah wujud menjadi versi 1.0, ini bertujuan untuk mengakomodasi tipe dokumen yang akan dikirim bersamaan dengan enkoding (kode) yang digunakan dalam pengiriman data dokumen tersebut. Kemudian pada tahun 1999, HTTP semakin baik dan sistematis dengan dilengkapi basic Proxy, Cache dan koneksi Parsisten.


Mekanisme HTTP

Penasaran bagaimana mekanisme HTTP ini?
Jadi begini nih ilustrasinya.. Ketika kalian mengetikkan sebuah alamat atau URL di browser (seperti Mozilla) lalu menekan tombol enter atau cari, maka secara otomatis web browser akan melakukan penelusuran melalui perintah ke HTTP sesuai dengan alamat yang dituju. Kemudian setelah web server menampilkan perintah dari HTTP melalui browser tadi, web server akan melacak data yang kalian inginkan dan akan segera ditampilkan jika data tersebut masih ada.
Biar keren lebih jelas, berikut disertakan juga skenario bergambarnya image

pengertian http cara kerja http1. HTTP klien membuat sambungan dan mengirim metode permintaan ke web server.


pengertian http cara kerja http2. HTTP server memproses permintaan klien, sementara klien menunggu respon dari server.

pengertian http cara kerja http3. Web server merespon dengan kode status dan data (jika tersedia) dan menutup sambungan.



HTTP VS HTTPS

https://www.techwibe.com/wp-content/uploads/2015/03/SSL-Certificate-Secrity-H01CB360EBAB420000000000000004713.jpg
Sumber: www.techwibe.com
Selain HTTP, ada juga protokol lain yang umum digunakan saat ini seperti HTTPS, FTP, IMAP, SMTP, POP3, dan lain-lain. HTTPS? Namanya serupa tapi tak sama ya dengan HTTP. Sebenarnya Hyper Text Transfer Protocol Secure atau yang singkatnya disebut HTTPS ini memang memiliki peranan yang sama dengan HTTP, hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi dalam sistem keamanan dengan mengenkripsikan informasi menggunakan SSL dan TLS sehingga HTTPS memiliki keamanan yang lebih di bandingkan HTTP.

Okedeh, sekian pembahasan mengenai HTTP nya.. Semoga bermanfaat ya, Fellas! image





Sumber :


Darma, Jarot .S, Shenia Ananda. 2009. Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta: Mediakita.

Jubilee Enterprise. 2010. Trik Mengamankan Password. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Lubis, Ibrahim. 2012. Mengenal Identitas HTTP (Hypertext Transfer Protocol. Diambil dari: http://www.terwujud.com/2012/07/mengenal-identitas-http-hypertext.html. Diakses 12 Maret 2016.

Pswebmedia. 2016. Apa itu HTTP?. Diambil dari: http://www.pswebmedia.com/content-17/apa-itu-http.aspx. Diakses 12 Maret 2016.

Rahmat, Mamat. 2014. Perbedaan HTTP dan HTTPS. Diambil dari: http://www.mamatrahmat.com/perbedaan-http-dan-https/. Diakses 12 Maret 2016.

Zulhikam, Ahmad. 2011. Hypertext Transfer Protocol | Pengertian & Cara Kerja HTTP. Diambil dari: http://jaringankomputer.org/http-hypertext-transfer-protocol-pengertian-cara-kerja-http/. Diakses 12 Maret 2016.





Unknown

Hi there! You just read Hypertext Transfer Protocol. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

No comments:

Post a Comment

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.