Kebijakan Web


Sumber: tw.rpi.edu

Apa itu Kebijakan?

Kebijakan adalah suatu kecermatan, ketelitian, rencana tetap, dan langkah yang diambil untuk mengatasi suatu masalah hal.  Kebijakan ini menjadi petunjuk umum untuk melakukan suatu tindakan agar dapat mencapai hal yang diinginkan.



Apa itu Kebijakan Web?

Kebijakan Web atau kerennya disebut juga dengan Web Policy adalah ketentuan yang dimiliki suatu Web yang didalamnya mencakup tentang layanan, fitur, maupun penggunaan konten yang ada pada situs Web. Kebijakan ini berfungsi untuk melindungi suatu situs Web dari resiko kesalah pahaman maupun masalah internal yang rentan terhadap tuntutan hukum. Nah, bagi para pengakses, kebijakan Web ini sifatnya sih optional, jadi kalau kalian ingin menggunakan situs itu maka kalian harus menyetujui kebijakan yang berlaku, tapi kalau kalian tidak menyetujuinya maka kalian tidak usah menggunakan situs itu lagi.. Intinya, lebih baik kita biasakan untuk membaca & memahami kebijakan Web terlebih dahulu untuk menghidari permasalahan maupun kesalah pahaman ya Fellas :)



Kapan dibutuhkan?

Suatu kebijakan itu biasanya dibutuhkan  :

Dalam kasus di mana kepatutan mungkin tidak jelas (misalnya, bagaimana menggunakan sosial media akun perusahaan dengan cara yang mencerminkan standar profesional organisasi)

Ketika bimbingan dibutuhkan agar mengetahui langkah apa yang sesuai untuk menangani suatu situasi (misalnya, bagaimana menangani informasi rahasia yang diterima dari pengunjung ke situs web Anda)

Ketika diperlukan untuk melindungi perusahaan secara hukum (misalnya, ketika menerbitkan konten yang berpotensi kontroversial atau terkait hak cipta)

Untuk memastikan bahwa organisasi sesuai dengan kebijakan pemerintah dan hukum.

Untuk membangun standar kerja, aturan, dan peraturan yang konsisten (misalnya, aturan mengenai penciptaan, penghapusan dan pemeliharaan bentuk perusahaan di web)




Sumber :

Alam S. 2007. Ekonomi. Jakarta: Esis.

Friedmann, Allison. 2012. What is web policy and why do we need it?. Diambil dari: http://www.nonlinearcreations.com/Enterprise/how-we-think/articles/2012/08/What-is-web-policy-and-why-do-we-need-it.aspx. Diakses 10 April 2016.

Griffin, Ricky. 2004. Manajemen, Edisi Ketujuh, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Poinweb Indonesia. 2016. Kebijakan Website. Diambil dari: http://poin-web.co.id/web_provision. 10 Diakses April 2016.









Unknown

Hi there! You just read Kebijakan Web. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

No comments:

Post a Comment

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.