Menganalisis Website BMKG

Halo Fellas... pada posting sebelumnya sudah dijelaskan mengenai profil BMKG dan sedikit review websitenya, nah posting kali ini saya akan membahas analisis website BMKG dengan menggunakan tools. Tools yang digunakan untuk menganalisis adalah GTmetrix untuk mengecek performa/kecepatan website dan Alexa untuk mengecek tingkat kepopuleran website.

GTmetrix


Di awal sudah sedikit disinggung kalau GTmetrix ini berguna untuk mengecek performa web. Tool ini merupakan kombinasi dari tool Yahoo Slow! (YSlow) dab Google Pagespeed berbasis web. GTmetrix akan mengukur kecepatan website dan menampilkan hasilnya secara detail dengan penilaian point akhir A sampai dengan F. Sama kayak IP, A itu berarti sangat bagus dan F berarti sangat buruk. Supaya bisa dapet A, paling nggak website harus memiliki score diatas 90..

Oiya, sebelumnya kenapa sih kecepatan website harus di cek? Sekarang kan bandwith sudah murah, koneksi internet juga sudah cukup kencang, terus apa pengaruhnya sama kecepatan website?
Jadi ada dua alasan, pertama nggak semua user punya koneksi dengan kecepatan tinggi. misalnya ada user yang lagi mudik / bertapa di tempat yang begitu-amat-sangat-terpencil-sekali, kebayang kan kayak apa kecepatan internetnya? Lalu yang kedua, google menjadikan kecepatan sebagai salah satu faktor perangkingan website. Jadi  makin cepat websitenya, maka makin tinggi juga posisinya di hasil pencarian google. Nah masalah perangkingan ini juga akan di analisis menggunakan tools kedua, jadi disimak terus aja ya..

Hasil Analisis Website BMKG

Gambar diatas adalah hasil pengukuran GTmetrix untuk website bmkg.go.id. Disitu tertera bahwa nilai PageSpeed adalah C (76%) sedangkan YSlow hanya D (62%).  Selain itu terdapat juga informasi lama memuat halaman website (Page Load Time) adalah 13,3 detik, besarnya halaman web 5,24 MB, dan jumlah request 162.

Berdasarkan hasil yang didapatkan, bisa dikatakan kalau performa website BMKG ini masih kurang bagus. Loading pagenya cukup lama, ukuran pagenya besar, dan juga request yang dibutuhkan terlalu tinggi. Performa website bisa dikatakan baik kalau page load nya hanya sebentar (rata-rata 7,1 detik), ukuran halaman webnya kecil (rata-rata 1,92 MB), dan jumlah requestnya rendah (rata-rata 69 request).


Alexa

Alexa adalah tools yang disediakan oleh perusahaan Amazon untuk mengetahui informasi tentang ranking / peringkat suatu situs berdasarkan jumlah trafik atau pengunjung yang masuk ke situs tersebut. Selain itu, dengan menggunakan Alexa kita juga bisa mengetahui informasi kata kunci / keyword apa yang digunakan user sehingga dapat menemukan situs tersebut, jumlah link yang bertautan dengan website, dari mana saja asal user yang berkunjung, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari hasil analisis berikut ini ya..

Hasil Analisis Website BMKG

Gambar diatas adalah hasil pengukuran Alexa untuk website bmkg.go.id. Pertama, ditampilkan tingkat kepopuleran dari website BMKG. Disini kita bisa melihat  bahwa website BMKG mendapat ranking 67.152 secara global, dan peringkat tersebut telah mengalami kenaikan dibanding 3 bulan yang lalu. Kemudian untuk peringkat lokalnya, yaitu di negara Indonesia, adalah 1.626.


Setelah itu Alexa juga menampilkan peta persebaran pengunjung.. jadi dari negara mana aja sih pengunjung website itu berasal? Nah untuk website BMKG pengunjungnya adalah 96.6% berasal dari Indonesia, dengan peringkat websitenya yaitu 1.626.



Selanjutnya adalah tingkat keterikatan pengunjung terhadap website yang diakses. Penilaian ini dibagi menjadi 3, rinciannya seperti ini :
  • Bounce Rate, adalah keadaan dimana pengunjung yang datang ke situs kita langsung pergi tanpa mengunjungi halaman kedua. Biasanya hal ini terjadi karena page loadnya terlalu lama, atau konten yang didapat tidak sesuai dengan yang dicari, atau mungkin kebelet ke wc sehingga pengunjung memutuskan untuk langsung close pagenya. Pada penilaian bounce rate ini, semakin kecil nilainya semakin baik karena berarti pengunjung nggak langsung buru-buru meninggalkan situsnya. Untuk website BMKG memiliki bounce rate sebesar 34.70%, nilai ini menurun dari 3 bulan yang lalu sebesar 1%, which is pretty good walau turunnya hanya sepersen.
  • Daily Pageviews per Visitor, adalah berapa rata-rata halaman yang dikunjungi oleh satu pengunjung perharinya. Website BMKG memiliki 3.08, dan mengalami peningkatan sebesar 9% dari 3 bulan sebelumnya. Dari nilai ini, kalo misalnya ada 2500 pengunjung perhari yang mengakses website BMKG, berarti ada 7700 page yang terakses. wow..
  • Daily Time on Site, adalah satuan waktu (mm:ss) berapa lama kebanyakan pengunjung melihat isi website. Pada penilaian ini, semakin tinggi hasilnya maka semakin bagus karena itu tandanya pengunjung betah berlama-lama di website tersebut :D untuk website BMKG, rata-rata pengunjung perharinya bertahan selama 4 menit 8 detik.


Gambar diatas ini adalah persentase pengunjung yang menemukan situs dari search engine. Persentase pengunjung yang mengakses website BMKG dari search engine adalah 20.00%, dengan keyword yang digunakan yaitu "Gempa" sebesar  12.98%, "Gempa Terkini" sebesar 4.53%, "Cuaca" sebesar 4.17%, "BMKG" sebesar 4.12%, dan "Gempa hari ini" sebesar 3.56%.
Oiya persentase pengunjung dari search engine ini mengalami penurunan sebesar 11% dari 3 bulan sebelumnya.


Berdasarkan gambar diatas, pengunjung yang mengakses website BMKG sebelumnya sedang mengakses google.co.id (sebanyak 27.5%), google.com (sebanyak 11.4%), yahoo.com (sebanyak 3.2%), facebook.com (sebanyak 2.9%), dan youtube.com (sebanyak 2.1%).


Selanjutnya ada daftar situs-situs yang berkaitan dengan website BMKG. Total keseluruhannya ada 1719 situs, yaitu secureserver.net, bbc.com, clixsense.com, theguardian.com, dan about.com. Untuk bisa melihat semua situs yang berkaitan dengan website ini, kita harus mengupgrade ke tools Alexa yang berbayar ya Fellas..


Kemudian ada juga alamat website yang memiliki nama serupa seperti bmg.go.id, bmky.net, bmknet.hu, bmk.hu, dan bmktcn.com.


Alexa juga menampilkan situs apa aja yang selanjutnya diakses setelah pengunjung mengakses website BMKG. Seperti yang ada digambar, rata-rata pengunjung mengakses meteo.bmkg.go.id (sebanyak 16.73%), maritim.bmkg.go.id (sebanyak 6.81%), sestama.bmkg.go.id (sebanyak 6.70%), jatim.bmkg.go.id (sebanyak 6.11%). Semua situs tersebut merupakan subdomain dari bmkg.go.id.


Terakhir, terdapat grafik pengunjung yang ditampilkan berdasarkan jenis kelamin, edukasi, dan lokasi mengaksesnya. Untuk website BMKG ini, pengunjungnya kebanyakan adalah laki-laki, sedangkan perempuannya hanya sedikit (dibawah rata-rata). Lalu kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa dan orang-orang yang telah lulus sekolah, kemudian lokasi mereka mengakses kebanyakannya adalah dari tempat kerja..


Whew, that's a wrap! Itulah hasil analisis bmkg.go.id menggunakan tools GTmetrix dan Alexa. Semoga berguna ya Fellas.. Ciao!




Unknown

Hi there! You just read Menganalisis Website BMKG. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

1 comment:

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.