Tentang BMKG

Fellas pasti sudah tidak asing lagi dong dengan lembaga pemerintahan yang satu ini.. yap, kali ini saya akan membahas tentang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau lebih seringnya sih kita sebut dengan BMKG. Selain itu saya juga akan membahas website BMKG ini.. mari dibaca ajadeh lanjutannya image

Sumber: puslitbang.bmkg.go.id
Apa itu BMKG?

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika adalah lembaga pemerintahan non departemen yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika. Lembaga ini terdiri atas empat deputi dan dipimpin oleh seorang Kepala Badan. Keempat deputi tersebut diantaranya adalah deputi bidang Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, serta Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi. Demi melancarkan tugas dari BMKG, kepala mendapatkan bantuan dari sekretaris utama dan inspektoriat. Sekretaris utama mengurus biro umum, hukum dan organisasi dan perencanaan. Sedangkan inspektoriat mengurus pusat penelitian dan pengembangan serta pusat pendidikan serta pusat pendidikan dan pelatihan.

Tugas & Fungsi

Mungkin masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa BMKG itu hanya sekedar memberikan informasi mengenai perkiraan cuaca dan gempa bumi, padahal bukan hanya itu saja lho.. masih banyak lagi tugas dan fungsi BMKG. Seperti yang tertera pada websitenya, BMKG mempunyai tugas : melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan kebijakan nasional dan kebijakan umum di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  2. Perumusan kebijakan teknis di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  3. Koordinasi kebijakan, perencanaan dan program di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  4. Pelaksanaan, pembinaan dan pengendalian observasi, dan pengolahan data dan informasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  5. Pelayanan data dan informasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  6. Penyampaian informasi kepada instansi dan pihak terkait serta masyarakat berkenaan dengan perubahan iklim;
  7. Penyampaian informasi dan peringatan dini kepada instansi dan pihak terkait serta masyarakat berkenaan dengan bencana karena factor meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  8. Pelaksanaan kerja sama internasional di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  9. Pelaksanaan penelitian, pengkajian, dan pengembangan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  10. Pelaksanaan, pembinaan, dan pengendalian instrumentasi, kalibrasi, dan jaringan komunikasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  11. Koordinasi dan kerja sama instrumentasi, kalibrasi, dan jaringan komunikasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  12. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan keahlian dan manajemen pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  13. Pelaksanaan pendidikan profesional di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  14. Pelaksanaan manajemen data di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika;
  15. Pembinaan dan koordinasi pelaksanaan tugas administrasi di lingkungan BMKG;
  16. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab BMKG;
  17. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan BMKG;
  18. Penyampaian laporan, saran, dan pertimbangan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya BMKG dikoordinasikan oleh Menteri yang bertanggung jawab di bidang perhubungan.


Visi & Misi

Visi
Mewujudkan BMKG yang handal, tanggap dan mampu dalam rangka mendukung keselamatan masyarakat serta keberhasilan pembangunan nasional, dan berperan aktif di tingkat Internasional.
Terminologi di dalam visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
  • Pelayanan informasi meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika yang handal ialah pelayanan BMKG terhadap penyajian data, informasi pelayanan jasa meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika yang akurat, tepat sasaran, tepat guna, cepat, lengkap, dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Tanggap dan mampu dimaksudkan BMKG dapat menangkap dan merumuskan kebutuhan stakeholder akan data, informasi, dan jasa meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika serta mampu memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa;
Misi
Dalam rangka mewujudkan Visi BMKG, maka diperlukan visi yang jelas yaitu berupa langkah-langkah BMKG untuk mewujudkan Misi yang telah ditetapkan yaitu :
  1. Mengamati dan memahami fenomena meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika.
  2. Menyediakan data, informasi dan jasa meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika yang handal dan terpercaya.
  3. Mengkoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan di bidang meteorologi, klimatologi , kualitas udara dan geofisika.
  4. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan internasional di Bidang meteorologi, klimatologi , kualitas udara dan geofisika.

Logo

Bentuk Logo
Logo Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika berbentuk lingkaran dengan warna dasar biru, putih dan hijau, di tengah-tengah warna putih terdapat satu garis berwarna abu-abu. Dibawah logo yang berbentuk lingkaran terdapat tulisan BMKG.

Makna Logo
Makna dari logo BMKG menggambarkan bahwa BMKG berupaya semaksimal mungkin dapat menyediakan dan memberikan informasi meteorologi klimatologi dan geofisika dengan mengaplikasikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dan dapat berkembang secara dinamis sesuai kemajuan zaman. Dalam menjalankan fungsinya, BMKG berupaya memberikan yang terbaik dan penuh keikhlasan berdasarkan pancasila untuk bangsa dan tanah air Indonesia yang subur yang terletak di garis kathulistiwa.

Arti Logo
  • Bentuk lingkaran melambangkan BMKG sebagai institusi yang dinamis;
  • Sembilan garis di bagian bawah merupakan angka tertinggi yang melambangkan hasil maksimal yang diharapkan;
  • Gumpalan awan putih melambangkan meteorologi;
  • Bidang warna biru bergaris melambangkan klimatologi;
  • Bidang berwarna hijau bergaris patah melambangkan geofisika;
  • Satu garis melintang di tengah melambangkan garis khatulistiwa.
  • Warna biru diartikan keagungan/ ketaqwaan;
  • Warna putih diartikan keikhlasan/ suci;
  • Warna hijau diartikan kesuburan;
  • Warna abu-abu diartikan bebas/ tidak ada batas administrasi.
Website

Setelah membahas beberapa hal mengenai profil BMKG, sekarang saatnya kita ngulik websitenya yuk.. 

Tampilan Utama bmkg.go.id
Nah jadi gambar di sebelah kanan ini adalah tampilan halaman utama dari website BMKG. Putih menjadi warna dasar website ini, juga dengan header yang didominasi warna biru menimbulkan kesan tenang dan profesional.

Secara tampilan, menurut saya website ini cukup baik. Pada pojok kanan atas teradapat Peta Situs yang mengarahkan pengunjung ke halaman yang berisikan struktur hierarki website sehingga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Selain peta situs, juga disediakan Navigation Bar. Pada website ini ada dua navbar, navbar yang paling atas (ada di bagian header) yang digunakan untuk mengarahkan ke informasi mengenai lembaga, seperti profil dsb. Sedangkan navbar kedua (ada di bawah navbar pertama) digunakan untuk mengarahkan ke informasi mengenai cuaca, iklim, udara, gempa maupun tsunami. Saya sudah mencoba secara acak dari kedua navigasi tersebut, walaupun ada satu link yang mengalami internal server error, tapi selebihnya bisa berfungsi dengan baik dan konten yang disajikan pun sesuai dengan apa yang dikehendaki.

Website ini juga menyertakan link yang relevan. Salah satu komponen utama website adalah koleksi link dengan website lain yang berhubungan. Link-link ini bisa kita lihat di navbar pertama, disitu terdapat menu link, jika di klik maka akan muncul menu dropdown nya dimana terdapat link Email BMKG, Kementrian/Lembaga Terkait, Lembaga Internasional, E-Klipping, dan Perpustakaan.

Oiya, website BMKG ini juga menyertakan fitur-fitur yang sangat bermanfaat. Diantaranya ada fitur yang menampilkan slideshow peringatan dini, fitur ini menginformasikan tentang adanya kejadian alam (seperti angin kencang, gempa, tsunami, hujan badai, gelombang tinggi, dll) berikut dengan tanggal dan daerah yang diperkirakan akan terjadi. Lalu ada fitur slideshow Prakiraan Cuaca yang menampilkan prakiraan cuaca per hari untuk berbagai kota-kota besar di Indonesia. Selain itu juga ada fitur Gempa Bumi Terkini yang menampilkan informasi mengenai gempa (kekuatan gempa, waktu & lokasi kejadian, serta potensinya terhadap tsunami) yang baru terjadi Indonesia.

Beberapa fitur pada bmkg.go.id

Kelebihan
  1. Website responsive & mobile friendly.
  2. Peta situs (Site Map) yang jelas.
  3. Navigation bar yang konsisten dan tidak menyesatkan pengunjung.
  4. Informasi yang disajikan (terutama mengenai cuaca, gempa, dan kejadian alam lainnya) selalu up to date.
  5. Memiliki fitur slide show yang menampilkan informasi penting pada menu utama.
  6. Memiliki timeline video kegiatan dengan tanggal yang diperbarui.
  7. Menyertakan layanan publik secara lengkap
  8. Menyediakan link sharing yang tertuju pada media sosial sehingga pengunjung bisa dengan mudah menyebarkan informasi
Kekurangan
  1. Hanya bisa mengakses website dalam bahasa Indonesia
  2. Tidak ada ruang interaktif / ruang forum sehingga pengunjung hanya bisa membaca informasi saja & tidak dapat memberikan komentar (kritik & saran).
Well, kriteria bagus atau tidaknya suatu website itu....relatif. Tergantung dari rasa kenyamanan dari masing-masing pengunjungnya. Review mengenai website di atas adalah analisis berdasarkan persepsi pribadi. Saya sendiri juga masih belajar..hehehe. Nah kalau fellas pengen kepoin secara langsung dan menganalisis sendiri seperti apasih websitenya BMKG ini, kalian bisa langsung aja klik di bmkg.go.id ya! image


Unknown

Hi there! You just read Tentang BMKG. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

3 comments:

  1. untuk nambah pengetahuan setidaknya sudah tau,,good

    My blog

    ReplyDelete
  2. Kalah terus?
    Kebanyakan deposit dari pada WD?
    Hoki selalu hilang?
    Kartu yang dibagikan selalu jelek?

    Kalau begitu berahlilah ke ROYALQQ.POKER
    Main dan Buktikan sendiri...

    ROYALQQ tidak memberikan JANJI tapi BUKTI!

    ReplyDelete

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.