Apa itu Teori Permainan?

Halo, Fellas! Pasti kalian suka kan main game? Well, siapa sih yang nggak suka.. baik laki-laki dan perempuan, dari yang muda bahkan hingga yang tua pun pasti suka bermain game. Asyik memang. Tapi selain memainkannya, kalian tau gak bahwa dibalik terciptanya suatu game ada yang namanya Teori Permainan (atau kerennyaa sih dibilang Game Theory) ? Yuk kita simak postingan kali ini yang akan membahas tentang pengertian dari Teori Permainan ;)






















Menurut John von Neumann dan Oskar Morgenstern permainan terdiri atas  sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.
Sedangkan Kartono menjelaskan bahwa teori permainan (Game Theory) merupakan teori yang menggunakan pendekatan matematis dalam merumuskan situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan. Teori ini dikembangkan untuk menganalisa proses pengambilan keputusan yaitu strategi optimum dari situasi-situasi persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih kepentingan.

Secara umum teori permainan dapat didefinisikan sebagai :
Sebuah pendekatan terhadap kemungkinan strategi yang akan dipakai, yang disusun secara matematis agar bisa diterima secara logis dan rasional. Serta digunakan untuk mencari strategi terbaik dalam suatu aktivitas, dimana setiap pemain didalamnya samasama mencapai utilitas tertinggi.

Ide dasar dari teori permainan adalah tingkah laku strategis dari pemain atau pengambil keputusan. Setiap pemain diasumsikan mempunyai suatu seri rencana atau model tingkah laku dari mana pemain dapat memilih, jika memilih suatu himpunan strategi. Permainan diartikan sebagai gerakan khusus yang harus dipilih dari himpunan strategi yang ada. Anggapannya bahwa setiap pemain mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan secara bebas dan rasional.

Teori ini menyediakan suatu bahasa untuk memformulasikan, menstrukturkan, menganalisa dan mengerti skenario strategi serta digunakan untuk pemilihan strategi. Langkah pertama dalam menggunakan teori permainan adalah menentukan secara eksplisit pemain, strategi-strategi yang ada dan juga menentukan preferensi serta reaksi dari setiap pemain.






Okay, sekian dulu pembahasan tentang pengertian teori game. Pada postingan selanjutnya akan membahas tentang sejarah teori game. Thanks for reading, Fellas and see ya next post!

















Unknown

Hi there! You just read Apa itu Teori Permainan?. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

1 comment:

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.