Developer Game yang Bangkrut Akibat Pembajakan

Hai Fellas, pasti punya game kan? At least satu game lah yang ada di laptop/pc/hp. Nah pertanyaannya, apakah game itu ori atau.....bajakan? *jreng*  Yap memang terkadang harga game cukup mahal, sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk memainkan game bajakannya. Tapi kalau dibandingin sama usaha dan biaya untuk bikin game tersebut sih ya wajar aja kalau game tersebut dibandrol dengan harga sedemikian rupa. Apalagi animasi game yang sekarang makin keren aja kayak beneran... yaa kalau dibilang sih ada harga ada kualitas gitu. Nah fellas, rupanya pembajakan game yang kian merebak ini membuat beberapa developer game menjadi gulung tikar lho! duh sedih ya :( yuk baca developer game apa saja yang jadi bangkrut gara-gara pembajakan image 
 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisTCqY0eEbGDBsmEfS_IOR9zc2elDNiOybrDbs6cVgxA4I7a2VxKP6vXCcw57iFpmwQYGBqfZJMb8qZIdbB-0qhbHB_3qv0p9qMs3rN8rkgY5RILshbjprV0hlGYSf0JT5nQWnstVjqgWg/s1600/tumblr_myg3kmqsFJ1t0j33lo1_500.gif 
 
1. Bizzare Creations

James Bond 007: Blood Stone, Blur, Geometry Wars, The Club, Treasure Planet, dan Boom Boom Rocket merupakan game-game yang digarap oleh Bizzare Creations. Beberapa tahun lalu developer ini masih sempat berjaya, terbukti banyak game yang dirilis untuk berbagai platform sepertiXbox 360, PlayStation 3, PC Microsoft Windows, maupun untuk platform mobile.Bahkan perusahaan Activision (publisher game Call of Duty) sepat mengakuisisi Bizzare Creations pada tahun 2007. Namun sayang sekali bahwa Bizzare Creations akhirnya dinyatakan bangkrut lantaran kurang antusiasnya para konsumen untuk membeli game garapan Bizzare Creations. Penjualan anjok dan tidak ada inovasi terbaru dalam penggarapan game. Inilah yang kemudian membuat Activision akhirnya menutup studio yang bermarkas di kota Liverpool, Inggris ini secara resmipada tanggal 18 Februari 2011. Awalnya Bizzare Creations sempat ingin dilelang, namun tidak ada perusahaan yang berminat.

2. RedOctane

Nama RedOctane mungkin tidak terlalu terkenal, namun pastinya kalian tahu dong tentang seri game Guitar Hero. Game tersebut merupakan garapan RedOctane yang sempat booming padatahun 2005. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1999 dan diakuisisi oleh Activision pada Mei 2006 mengingat potensi yang luar biasa atas kesuksesan Guitar Hero. Namun sayang sekali bahwa sekali lagi Activision harus menutup RedOctane pada tanggal 11 Februari 2010. Cukup disayangkan karena sebelumnya RedOctane sempat berjaya dengan penjualan game Guitar Hero yang mencapai USD 1 Billion.
 
3. Sierra Entertainment

Sebuah perjalanan yang panjang dari Sierra Entertaiment harus putus ditengah jalan. Pasalnya developer ini sudah ada sejak tahun 1979 dan membangun studio besarnya di California, Amerika Serikat. Sierre Entertainment akhirnya resmi bubar pada tahun 2008 lalu lantaran alasan penjualan yang kurang begitu memenuhi target. Seperti kedua developer diatas, Sierra Entertainment sebelumnya juga sudah diakuisisi oleh Activision setelah sekian lama dipegang oleh Vivendi Universal Games. Patut disayangkan lantaran ada banyak sekali game-game populer yang pernah digarap oleh Sierra Entertainment, diantaranya adalah seri Crash Bandicoot, Pharaoh, SWAT series, Gabriel Knight, King’s Quest, Gold Rush, Crossfire, Homeworld dan masih banyak lagi yang lain.
 
4. Blitz Games Studios Blitz

Games Studios berdiri pada tahun 1990 dan bermarkas di Leamoington Spa, Inggris. Ada banyak game populer yang sempat digarap oleh developer ini, diantaranya adalah seri Spongebob Squarepants, Chicken Run, Action Man series, Epic Mickey 2: The Power of Two, Yoostar 2, Biggest Losser, Pac-Man, dan lain-lain. Namun nasib developer ini tidak lebih baik dibanding ketiga developer diatas.Blitz Games Studios dinyatakan bangkrut pada 12 September 2013 lalu karena permasalahan finansial dan meningkatnya pembiayaan untuk proyek-proyek terbaru yang membengkak. Sebuah kegagalan yang patut disayangkan karena developer ini sempat meraih berbagai penghargaan seperti Best Industry Player by TIGA, Nickelodeon Kids' Choice Awards 2007, ICT Excellence in Skills, Cannes Titanium Grand Prix Award, Edge award for Training and Development of young people dan beberapa penghargaan lain.
 
5. THQ
Sebuah kebangkrutan yang menggemparkan ketika THQ akhirnya mengumumkan pailit dan bangkrut. Pasalnya developer ini diramalkan akan tetap stabil oleh banyak kalangan lantaran beberapa game yang dirilis cukup menguntungkan. Kabar kebangkrutan THQ berawal ketika pada tanggal 13 November 2012, perusahaan ini melaporkan bahwa mereka telah gagal membiayai pinjaman sebesar USD 50 juta dari Wells Fargo.Harga saham THQ anjlok drastis sehingga pada saat itu mereka harus menunda perilisan kedua game terbaiknya yakni Company of Heroes 2 dan Metro: Last Light. Untungnya THQ sedikit demi sedikit mampu bangkit dengan bantuan Ubisoft yang telah mengakuisisi THQ Montreal serta beberapa seri game milik THQ. Pada masa lalu THQ sangat berjaya dengan seri game WWE (World Wrestling Entertainment), Disney, Saint Row, Red Faction, Company of Heroes, Damn of War dan beberapa seri game lainnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Unknown

Hi there! You just read Developer Game yang Bangkrut Akibat Pembajakan. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

No comments:

Post a Comment

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.