Game Developer: Toge Productions

Yup, dari namanya saja 'Toge' sudah bisa ditebak kalau game developer yang satu ini berasal dari Indonesia. Psst, jangan pandang sebelah mata dulu terhadap game developer Indonesia, karena tidak sedikit dari mereka yang ternyata sudah terkenal di kancah internasional dan banyak memenangkan kompetisi games nasional maupun internasional. Ya, salah satunya adalah Toge Productions ini.

https://d1h69ey09xg1xv.cloudfront.net/wp-content/uploads/2014/07/Toge-Productions.jpg



Toge Productions adalah pengembang game independen yang berlokasi di daerah Karawachi, Tangerang, Indonesia. Studio tersebut didirikan oleh dua orang penghobi games yaitu Kris Antoni Hadiputra selaku CEO & Co-Founder dan Sudarmin Then selaku CTO & Co-Founder.

Kris Antoni Hadiputra (kiri), Sudarmin Then (kanan)
Kris adalah pribadi yang suka mencari hal menyenangkan untuk dimasukkan ke dalam games, karena dia percaya bahwa pekerjaan tidak akan menjadi beban jika dilakukan dengan perasaan senang. Setelah itu, Sudarmin adalah ahli teknologi dibalik kesuksesan Toge Productions. Ia sangat suka memberikan inovasi kepada timnya agar lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi, baik teknologi lama maupun yang terbaru untuk pengembangan games terbaru dan unik dari Toge Productions. Keduanya mempelajari ilmu komputer pada Jurusan Games Technology di Mordoch University, Perth, Australia dan lulus pada tahun 2007. Setelah itu, mereka melanjutkan pendidikan untuk lebih mendalami ilmu komputer pada Jurusan Multimedia di Bina Nusantara University dan lulus pada tahun 2008.

Nama Toge Production terispirasi oleh nama kelompok para pendiri studio ini ketika kuliah dulu. Dalam bahasa Indonesia, Toge memiliki arti kecambah dari biji kacang hijau. Berawal dari kecambah itu, para pendiri berharap bahwa Toge Productions bisa mendapat pencapaian yang besar dengan dimulai dari sesuatu yang kecil dan simpel. Visi dari Toge Productions adalah mengembangkan ide kreatif dan menjadikannya sebagai hiburan yang interaktif. Kemudian, misinya adalah membuat game yang menyenangkan dan adiktif serta mengembangkan industri game Indonesia.

Toge Productions menfokuskan diri pada pengembangan game flash di website, namun perusahaan ini juga mengembangkan beberapa gamenya untuk perangkat Android dan iOS. Saat ini, produk terbaik yang pernah dibuat oleh Toge Productions adalah Infectonator.

Saat ini, Toge Productions sudah mengembangkan games hingga sembilan buah. Bebapa diantaranya memiliki prestasi yang gemilang di kancah internasional. Di bawah ini merupakan kesembilan games yang telah dibuat oleh Toge Productions.


Dari kesembilan game diatas, yang paling populer dan paling banyak prestasinya adalah Infectonator 2. Walaupun kelihatannya game tersebut memiliki grafis pixel, namun banyak yang menyukai Infectonator 2 karena gameplay yang seru, adiktif dan unik. Biasanya peran utama di dalam game adalah protagonis, sedangkan peran antagonis selalu kalah. Pada game ini, gamers dituntut untuk menjadi ilmuan jahat untuk menguasai dunia. Prestasi yang pernah diraih oleh Infectonator 2, yaitu:

  • Best Cross Platform Game dalam ajang Flash Gaming Summit 2013 di San Francisco, USA
  • The Best of 2012: Browser Simulation or Strategy di Jayisgames.com
  • Game Of The Year 2012 dan Best Action Game 2012 dalam ajang Armor Game Of The Year 2012, USA

Gimana, gak kalah keren kan Game Developer dari Indonesia ini? TBH, saya bikin postingan ini sambil main infectonator loh. jadi gak khusyu ngetiknya gegara keasikan main gamenya. cobain deh!image



Unknown

Hi there! You just read Game Developer: Toge Productions. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

No comments:

Post a Comment

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.