Apasih DIY?

DIY? Apaan sih itu DIY?

 

Oke, Intro doeloe...

Jadi pertama kali kenal DIY tuh pas lagi liburan sekolah, lupa kelas berapa yang jelas udah beberapa tahun yang lalu. Waktu itu masih polos nggak ngerti apa itu DIY, ya wajar lah perasaan waktu itu gak begitu terkenal amat istilah DIY disini. Berhubung lagi libur panjang kelamaan kan bikin bosen ya jadi saya iseng-iseng browsing nyari tutorial bikin-bikin sesuatu. Terus ketemu tuh suatu blog yang isinya full sama tutorial. Seneng banget, karena emang itulah yang selama ini saya cari.... bikin ini bikin itu pokoknya segala hal yang crafty, terutama recycling barang. Tapi ada juga beberapa item yang agak sulit ditemuin, nah berhubung yang terpampang terus di blog itu adalah kata-kata "DIY", jadilah saya bikin kesimpulan kalo blog itu yang punya orang jogja, dan items yang sulit itu bisa ditemuinnya disalah satu toko di jogja....iya jogja, DIY = Daerah Istimewa Yogyakarta. *fail*. lagi kebetulan juga blog DIY yang saya temuin itu berbahasa Indonesia (soalnya ternyata kebanyakan blogger DIY itu orang luar), kan mendukung ya mwahaha -_-

Setelah kecewa karena rasanya impossible beli item dari jogja yang jauh sama bekasi (iya, saya tinggal di planet kota bekasi. salam kenal anak bekasi! wkwk) cuma buat sekedar kerajinan doang, akhirnya saya tutup tab blog itu :') *padahal kepengen banget bikin*. Untungnya gak cepet putus asa, karena setelah browsing-browsing, nemu lagi nih blog yang nyebut-nyebut "DIY". kali ini blognya berbahasa Inggris. Merasa aneh, masa iya Daerah Istimewa Yogyakarta nyasar ke Amerika akhirnya saya tanya mbah google, dan muncul lah wikipedia beserta penjelasannya :
"Do it yourself (DIY) is the method of building, modifying, or repairing something without the aid of experts or professionals."
Snap!  Do It Yourself din, bukan Daerah Istimewa Yogyakarta! X_X 
Malu dulu sih sebentar gara-gara sok tau ngedefinisiin DIY wkwk, tapi akhirnya jadi makin semangat karena saya suka banget sama definisi dari DIY ini. Do It Yourself, kerjain sendiri. Berkreasi sendiri, entah itu bikin sesuatu, ngebenerin sesuatu, pokoknya sendiri, no beli jadi, no nyuruh orang. wkwk ya begitulah sekiranya. Memang dari kecil saya udah suka bikin-bikin sesuatu, entah itu kardus dijadiin tas, dijadiin sendal-sendalan (pokoknya kardus itu barang favorit pas masih kecil deh, apalagi yang gede bekas tv atau mesin cuci gitu wkwk) akhirnya saya pun jadi jarang beli mainan, dan herannya teman-teman saya juga suka sama yang saya buat dan justru jadi ikut-ikutan bikin. hahaha... memories....

Sekarang sih semenjak udah kenal sama istilah DIY ini, saya jadi makin senang berkreasi karena bisa dapet banyak inspirasi. Yup banyak, cause we can connect to all DIYers from all over the world! Say it.. youtube, pinterest, twitter dan bahkan instagram pun sekarang juga udah banyak akun-akun DIY.

Dari DIY ini juga memunculkan keyakinan bagi saya "kalau orang lain bisa, kenapa saya enggak?". Yaa kalau orang lain bisa, berarti ada sekitar 90% kemungkinan kita juga bisa ngelakuin hal itu, kenapa gak dicoba? dan apapun yang dikerjain sendiri itu hasilnya pasti akan lebih memuaskan. Enggak cuma memotivasi aja, DIY juga melatih supaya jadi lebih kreatif, tekun, teliti, sabar, hemat dan mandiri (bahkan eco-friendly!). That's why I love DIY-ing! [PS : jangan salah artiin antara DIY-ing sama dying [-X]

So, bagi yang selama ini sukanya beli-beli jadi aja dan belum pernah bikin-bikin sesuatu gitu, cobain deh sekali-sekali kalau ada waktu. Kalian bakal seneng kalau udah jadi, apalagi kalau hasilnya sempurna sesuai keinginan. Wuuh, kebanggaan & kepuasan bagi diri sendiri deh pokoknya!


Sipdeh, sekian aja cerita saya tentang DIY. Semoga cukup menginspirasi untuk ikutan DYI-ing juga. Salam DIY!





Unknown

Hi there! You just read Apasih DIY?. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

2 comments:

  1. Makasih banyak Ulasannya,, dapet salam dari Daerah istimewa Yoyakarta.

    mampir sini om...
    http://55galaxy.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Salam juga dr orang bekasi... Oh.. Jd ternyata itu arti diy... Asyik ulasannya... Sepertinya orangnya juga asyik nih... He...
    Kalo boleh tau... Mba adine DIY nya apa yah? Siapa tau bisa nyangkut2 gimana gitu... 😊😉

    ReplyDelete

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.