Perbedaan Budaya Timur dan Barat

"Kehidupan tak akan seindah sekarang jika manusia hanya mampu melihat satu jenis warna"
Bisa dibayangkan bukan apa jadinya jika kita hanya melihat satu warna di dunia ini? Bayangkan jika warna itu adalah warna hitam...apa yang bisa kita lihat? Tidak ada. Gelap!

Nah, begitu juga dengan budaya di dunia ini. Sangat beragam. Tanpa adanya perbedaan budaya, hidup jelas akan sangat monoton, setiap orang melakukan kebiasaan yang sama, dan mungkin berperilaku yang sama. Jika kita membicarakan soal perbedaan budaya, pasti yang akan terlintas dalam pikiran itu rata-rata tentang perbedaan antara budaya timur dengan budaya barat... mungkin memang karena kedua budaya ini cukup kontras perbedaannya. Lalu seperti apa perbedaan kedua budaya itu? Dan budaya manakah yang lebih baik?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhs5UNeJnaqsVixSo4Bbnx21olwRM-XTSCA0sI7ZD_Yg18gD3wmHcgGP79UEmysZzltab2rtg90Q0meDjkz3IDV2fFwdobZ1ktn4uzp9XuRVfjmTD24fmpLbQPvY0geKYauw-poLwQ8u0F2/s320/multkulturalisme2.jpg
Sumber Gambar 
Eh tunggu dulu, sebenarnya, apa sih itu budaya timur dan barat?

oke, berikut ini saya kutip definisi dari kedua budaya tersebut...
  • Kebudayaan Barat (contohnya seperti Eropa) adalah kebudayaan yang cara pembinaan kesadarannya dengan cara mamahami ilmu pengtahuan dan filsafat.
  • Kebudayaan Timur (contohnya seperti Asia) adalah kebudayaan yang cara pembinaan kesadarannya dengan cara melakukan berbagai macam pelatihan fisik dan mental.
Seperti yang sering kita dengar, Budaya Timur dikenal sebagai budaya yang ramah, suka bergotong-royong, dan sopan, sedangkan Budaya Barat dikenal dengan kebebasan dan individualisme-nya. Lalu dari pernyataan itu, kebanyakan orang kemudian beranggapan bahwa budaya timur lebih baik dari budaya barat. Benarkah demikian?

Sebelumnya, mari kita simak perbedaan kedua budaya tersebut  secara general (berdasarkan kebiasaan dari kenyataan yang ada) yang disajikan dalam tabel berikut:



Orang Barat
Orang Timur
Adat Istiadat
Etika Moral & Berpakaian
Opini
Sedikit, cenderung modern
Cenderung mengarah pada kebebasan.

Langsung ke pokok permasalahan
Kental akan adat istiadat

Mengutamakan kesopanan 

Cenderung berbelit-belit
Waktu
Sangat menghargai waktu
Cenderung jam karet
Gaya Hidup & Hubungan keluarga
Perayaan/Pesta
Cenderung individualistis

................
Hanya mengundang keluarga & kerabat dekat
Kekeluargaan, senang sosialisasi



Cenderung mengundang semua yang dikenal
Sesuatu yang baru
Cenderung tidak ingin langsung memilikinya, sekedar tahu dulu
Cenderung konsumtif terhadap barang baru
Anak
Dididik mandiri semenjak kecil
Cenderung dimanja&blm mandiri
Transportasi


Fasilitas & Teknologi
Naik sepeda atau jalan kaki


Lebih canggih dan modern
Cenderung naik kendaraan bermotor
.........

Cenderung mempelajari ilmu turun-temurun & tradisional
Menghadapi masalah
Cenderung mencari cara bagaimana menyelesaikan masalah itu
Cenderung menghindari masalah
Makan

Antrian
Dibagi 3 : Pembuka, penutup, utama

Tertib dan lurus
Semua makanan utama

Bergerombol
Weekend
Lebih sering menghabiskan waktu dirumah
Lebih sering jalan-jalan ke mall atau tempat hiburan 
Jika dilihat dari tabel diatas, ternyata budaya timur maupun barat memang saling berseberangan satu sama lain. Namun keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan, jadi tidak bisa dibilang bahwa salah satunya merupakan budaya terbaik. Walaupun budaya barat sering dipandang negatif oleh penganut budaya ketimuran, namun ternyata budaya barat lebih unggul di sektor teknologi. Begitu pula dengan budaya timur yang sering dipandang kaku oleh penganut budaya kebaratan, namun ternyata budaya timur lebih unggul dalam hal moral, sopan santun dan adat istiadat.

Tetapi sejauh apapun perbedaan budaya barat dan timur, hal tersebut sudah menjadi ciri dari suatu negara dan masyarakatnya. Perbedaan budaya yang ada seharusnya tidak menjadi kebencian atau pembeda terhadap sesama. Alangkah baiknya jika kita bisa saling menghormati antara perbedaan yang ada, karena sesungguhnya perbedaanlah yang membuat hidup menjadi lebih berwarna. Dan sebagai warga Indonesia yang menganut budaya timur, kita pasti merasakan jika sekarang ini mulai banyak kebudayaan barat yang masuk. Nah, disini kita harus bisa selektifSudah seharusnya kita mengambil nilai yang positif dan menolak yang negatif. Jangan sampai kita kehilangan identitas diri kita sebagai bangsa timur yang terkenal akan keramahannya :)






Sumber :
http://apaperbedaan.blogspot.com/2014/04/perbedaan-antara-budaya-barat-dan-timur.html
http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id/artikel_detail-45448-Makalah-Perbedaan%20Kebudayaan%20Barat%20dan%20Kebudayaan%20Timur.html

Unknown

Hi there! You just read Perbedaan Budaya Timur dan Barat. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

No comments:

Post a Comment

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.