Efek Canggih pada Sinema Digital

Hello, Fellas! Sudah membaca postingan sebelumnya mengenai Sinema Digital dan Perangkat yang digunakannya? Sekarang saatnya membahas teknik pemberian efek yang ada pada sinema digital image 


http://www.aanda.co.in/images/Visual_Effects_Courses_in_Goa.jpg 


Memang tak bisa dipungkiri lagi, film box office saat ini menyuguhkan tontonan yang luar biasa dengan efek visual yang sangat realistis. Terkadang saking realistisnya sampai bingung sendiri membedakan part mana yang beneran terjadi sama yang editan. Yuk kita simak, teknik seperti apa saja sih yang digunakan untuk menghasilkan karya sepetak uler spektakuler seperti itu?


1. Morphing

Teknik ini digunakan untuk menghasilkan peralihan satu bentuk objek ke bentuk objek lainnya dengan memanipulasi lebih dari satu frame sehingga nantinya akan dihasilkan keseluruhan gerakan yang sangat lembut untuk menampilkan perubahan satu sampai perubahan bentuk lainnya. 

Contoh film yang menggunakan teknik ini adalah  Terminator 2: Judgment Day (1991) karya dari om James Cameron. Ingat kan dengan scene dimana tokoh Terminator jahatnya bisa berubah dari manusia menjadi liquid metal?





http://media.giphy.com/media/fJhjKXCMryDEk/giphy.gif



2. Green/Blue Screen Effect

teknik ini merupakan pembuatan efek khusus dengan menggunakan Chroma Key  layar hijau / biru. Chroma Key adalah teknik special efek untuk menggabungkan dua gambar atau video secara bersamaan didasarkan pada daerah kunci warna (Chroma Key) yang akan dihapus latar belakangnya dari subjek foto atau video. Lalu kenapa menggunakan warna hijau atau biru? Yaa karena kedua warna itu termasuk warna dasar RGB (Red Green Blue). Sebenarnya bisa juga menggunakan warna lain, seperti merah dsb. Namun paling sering menggunakan warna hijau karena  warnanya yang cerah dan mudah dideteksi, selain itu juga warna hijau yang gonjreng ini jarang ada pada properti yang kita pakai :D tapi disesuaikan juga sih pemakaian warna screen ini... misal, Superman yang identik dengan kostum birunya nggak mungkin memakai layar biru lagi, jadi dipakailah layar hijau.
http://static.comicvine.com/uploads/original/13/138522/3987898-8032133152-4RF23.gif



3. Animatronik

Siapa yang tidak kenal film Jurassic Park karyanya om Spielberg (1993) ? Nah ini adalah salah satu contoh film yang menggunakan teknik animatronik, yaitu memakai robot yang dibuat mirip lalu nanti diperhalus lagi dengan komputer sehingga terlihat realistis..







4. CGI (Computer Generated Imagery)

CGI ini merupakan teknik terbaru dan yang sedang hits-hitsnya dalam pembuatan film-film box office. Teknik ini dibuat menggunakan software khusus pada komputer, jadi dalam pembuatan film sudah tidak perlu lagi memakai miniatur-miniatur ataupun merekrut orang banyak untuk adegan keramaian. Mengapa demikian? karena CGI ini memungkinkan penciptaan suatu konten tanpa menggunakan aktor atau benda yang nyata, namun nanti hasilnya akan terlihat seolah-olah nyata... Dengan menggunakan CGI, sang Sutradara dapat mewujudkan seluruh imajinasinya dalam proses pembuatan film. Seperti pada film Fast & Furious 7, kita masih dapat melihat Paul Walker berperan sebagai Brian O’Conner, padahal kita semua tahu jika Paul Walker telah meninggal dunia saat proses pembuatan film ini masih berlangsung.





Waah keren banget ya ternyata efek-efek yang digunakan pada sinema digital ini... Well, that's what happen when technology meets art: mahakarya! dan tidak lupa juga dengan skill luar biasa yang dimiliki tentunya...

Yap sekian saja postingan kali ini, semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat ya! image



















Referensi :
- http://semua-tentang-dunia.blogspot.co.id/
- https://www.selasar.com/
- http://masbadar.com/

Unknown

Hi there! You just read Efek Canggih pada Sinema Digital. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

No comments:

Post a Comment

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.