'Menguasai Mimpi'

Sekilas judul posting kali ini semacam postingan yang isinya bakal membahas tentang mimpi, cita-cita, dan motivasi. Well.. if you think so, then you're wrong! haha. Maksud saya kali ini ya bener2 tentang menguasai mimpi, bunga tidur yang kerap menghiasi malam-malam kalian I-) 

Menguasai?

Iya menguasai, menguasai mimpi. Pernah denger dong istilah Lucid Dream? nah itu dia yang mau saya bahas di posting kali ini...
Menguasai Mimpi, as known as...

Lucid Dream






Pernah gak didalam mimpimu tiba-tiba nyadar kalau kamu itu sebenarnya lagi bermimpi? Kalau iya, kemungkinan kamu lagi mengalami Dream Initiated Lucid Dreaming (DILD), lucid dreaming yang ini memang sering terjadi dan biasanya lebih kearah kebetulan. Tapi kalau kamu bisa mengontrol lucid dreaming, berarti kamu mengalami Wake Initiated Lucid Dreaming (WILD) atau lucid dream yang disengaja.
http://s.hswstatic.com/gif/lucid-dream-flying.jpgKetika kita sadar kalau kita itu sebenarnya lagi bermimpi, otomatis kita punya kendali dong untuk 'mengatur' ataupun 'merancang' mimpi tersebut, mengontrol apa yang mau dilakukan selanjutnya. Secara gak sadar sih kita pasti pernah lah ya beberapa kali mengalami lucid dream ini. Misalnya, kadang saya kalau lagi mimpi seram, tau2 suka nyadar aja.. 'eh ini kan cuma mimpi, ngapain takut?', akhirnya setelah menyadari hal itupun saya mencoba sok berani menghadapi sosok mengerikan itu...tapi ujung2nya terbang melarikan diri supaya cepet kelar wkwk, pernah juga nyerah aja terus memutuskan untuk bangun supaya nggak mimpi itu lagi, atau nggak tetep ngelanjutin bermimpi tapi mencoba untuk mengalihkan cerita mimpinya. Nah lain lagi kalau lagi pengeeen banget ketemu sama seseorang, biasanya pas lagi mimpi suka keingetan pengen ketemu orang itu dan akhirnya jadilah munculin orang itu didalam mimpi. Pernah begitu kan?
Yaa intinya, Lucid dream itu keadaan dimana kamu sadar kalau kamu lagi bermimpi sehingga kamu bisa ngelakuin apa aja yang kamu mau di mimpi itu. Titik.

Yah sayangnya lucid dream yang saya alami sih masih sebatas kebetulan aja, sering juga saya nggak nyadar kalau lagi mimpi. Eh tapi lucid dream ini bisa kok dilatih, jadi kita bisa menguasai mimpi kita sepenuhnya, melakukan hal apa aja yang kita mau di dalam mimpi.. wohoo!

Jadi apa aja yang bisa kita lakukan di lucid dream?
Bervariasi sih, yang paling sering ya terbang, berdasarkan dari yang saya baca, ini ada tingkatan-tingkatan yang bisa kita lakuin di lucid dream :
  • Tingkat Basic Kalian bisa terbang, menembus tembok, berjalan, berlari, menyelam lautan.
  • Tingkat Menegah Kalian bisa memiliki kekuatan super dan menyelamatkan someone special, lalu memunculkan tokoh dalam pikiran kalian, seperti orang yang kalian suka, artis, siapapun!
  • Tingkat Ahli Kalian bisa 'berhubungan', membunuh, dan melakukan tindakan-tindakan seperti di dunia nyata.
Seems like a whole new world, right?  :P Lucid dream juga bermanfaat loh, diantaranya :
  • Penyelesaian masalah
  • Meningkatkan kreativitas dan melatih keterampilan
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Mendapat sumber inspirasi
  • Menjelajahi alam bawah sadar
  • Melawan phobia
Mengenai lucid dream sebagai sumber inspirasi, Katanya James Cameron ternyata seorang lucid dreamer juga loh! Gak heran ya film2 yang dibuatnya itu unik dan keren abis. Remember about Avatar, eh? katanya film itu juga terinspirasi dari lucid dream yang didapatnya. Terutama cerita dimana Jake Sully dkk harus tidur terlebih dahulu untuk masuk ke dunia pandora serta scene yang terbang-terbangan itu..

Terus gimana caranya biar bisa lucid dream?

Nih coba baca selanjutnya ya step by step lucid dreaming :) 
  1. Buatlah dimana keadaan tubuh kamu santai, biasakan menggunakan pakaian yang nyaman seperti piyama dan celananya, lalu coba berbaring dan rileks.
  2. Tetaplah tersadar dengan cara atur pernafasan walau tubuh terasa semakin lemas dan akhirnya akan masuk pada tahap sleep paralysis atau yang biasa kita kenal ketindihan/erep-erepan.
  3. Pada tahap Sleep Paralysis, tubuh kamu tidak dapat bergerak walaupun kamu mencoba untuk menggerakan tubuh. Di tahap ini juga pikiran kamu akan tetap sadar. Jangan takut, pertahankan kesadaranmu, dan jangan pernah melakukan sesuatu yang dapat merusak Sleep Paralysis.
  4. Lalu kamu akan mengalami beberapa transisi memasuki ruang hitam dan tetaplah tersadar. 
Btw, kata orang2 kalau tubuh yang gak bisa gerak karena ketindihan makhluk halus itu cuma mitos kok. Itu namanya sleep paralysis dan ada penjelasan ilmiahnya :) Bicara tentang sleep paralysis, biasanya ditahap ini orang2 yang mencoba lucid dream mengalami kegagalan karena panik dan akhirnya kebangun. Oiya, dari sleep paralysis ini selain bisa mengarahkan kita ke lucid dream, katanya bisa juga lho untuk mengarahkan kita ke yang namanya astral project :O  

http://i.ytimg.com/vi/BIgtliwpElY/maxresdefault.jpg


Huaaah pusing juga lama-lama bahas tentang beginian. Gimana, apa kamu tertarik untuk mempelajari lucid dream dan menguasai mimpimu? atau jangan-jangan sudah expert? share dong pendapat dan cerita kamu! ;;) 
















Sumber :

Unknown

Hi there! You just read 'Menguasai Mimpi'. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

No comments:

Post a Comment

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.