Upcycle dan Downcycle ♲

Sering denger dong istilah Recycle? Kali ini yang bakal saya bahas adalah Upcycle dan Downcycle. Sebelumnya, tau nggak hubungan dari ketiga istilah ini?

http://t2.ftcdn.net/jpg/00/37/96/07/400_F_37960769_cqEKrk5pmD5nTGlgueR6eztLIsj6HmQk.jpg 

Jadi seperti yang kita tau, Recycle itu kan bagian dari 3R, yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle. Nah, Recycle ini dibagi lagi menjadi 2, yaitu Upcycle dan Downcycle.

3R =
- Reuse
- Reduce
- Recycle → 1) Upcycle 2) Downcycle

 ✎ Penjelasan
  • Recycle = Mendaur ulang
  • Upcycle = Mendaur ulang bahan yang bernilai rendah menjadi barang yang bernilai lebih tinggi. Sebagai gambaran, kamu punya celana bekas yang udah nggak kepake, nah terus dari celana itu kamu bikin jadi sebuah rok. Itu namanya upcycle :)
  • Downcycle = Mendaur ulang bahan yang bernilai tinggi menjadi barang yang bernilai lebih rendah. Ilustrasinya, celana bekas yang udah nggak kepake itu kamu jadiin kain pel/keset.
Baik upcycle dan downcycle itu sama-sama bagus kok, karena sama-sama mendaur ulang barang yang menandakan ramah lingkungan! Dengan mendaur ulang, itu berarti kita mencegah penggunaan barang-barang baru yang nantinya kalau udah nggak kepake malah justru numpuk jadi sampah dibumi. Iyakan? Bayangin aja, misalnya celana bekas yang tadi di upcycle jadi rok, itu berarti kamu udah mengurangi sampah kain celana kamu karena udah didaur jadi sebuah rok, dan kamu pun jadi gaperlu beli rok baru lagi dari toko, yang mana proses pembuatannya memerlukan banyak sumber daya dan menimbulkan polusi dari pabriknya. Gimana kalo downcycle? sama aja, celana bekas kamu enggak jadi sampah, dan kamu pun nggak perlu beli kain pel lagi. So simple, right?

Kalau dinilai secara keseluruhan sih, bisa dibilang upcycle lebih menguntungkan dan banyak diminati. Karena selain memiliki nilai fungsi, upcycle juga memiliki nilai keindahan yang mana nggak dimiliki sama downcycle. Nah upcycle ini nih yang bisa banget kita terapin di kehidupan sehari-hari. Punya barang nggak kepake? Upcycle aja!

Berikut saya punya beberapa contoh barang bekas yang sudah saya upcycle, mungkin bisa menjadi inspirasi :) Let's check 'em out!



Snow Jar ini saya bikin dari jar bekas selai cokelat, dan isinya itu mainan plastik kecil. yang bunga itu malahan bekas bunga-bungaanya Barbie lho hahaha. Cara buatnya gampang aja, tempelin mainan plastik kecil ditutup jar bagian dalam (dilem pakai lem tembak). Terus isi jar nya dengan air lalu taburi glitter. Nah abis itu gampang lah ya tinggal tutup aja jarnya. Oiya biar kuat jangan lupa pinggiran tutup jarnya di lem. pakai lem tembak lebih kuat dan tahan air ;) 
Tips : Air didalem jarnya itu juga bisa dicampur lem kertas yang bening kayak gel supaya lebih kental, jadinya glitter yang gerak-gerak didalem cairan jarnya bisa lebih lambat :)



Kalau Dream Catcher ini dibuatnya dari bekas gantungan kunci yang kebetulan emang udah berbentuk lingkaran dengan jaring-jaringnya gitu... kalau bulunya? haha, itu saya pakai bulu kok :p bulu koknya diwarnain pakai spidol...terus dikait-kaitin pakai benang sulam. Btw, dream catcher ini nggak harus jadi kalung juga sih.. di kamar saya gantung aja untuk hiasan.
Tips : Biar tambah menarik juga bisa ditambahin manik-manik di benangnya itu ;)



Nah yang terakhir ini Binder dari kardus. Dilapisin kain perca supaya menarik. Untuk pengait kertasnya pake aja pengait kertas yang ada di map-map. Nempelinnya pake lem tembak aja supaya kuat.
Tips : Tambahin pita-pita supaya bindernya keliatan manis, itupun kalau kain dasar yang dipake enggak bermotif yaaa biar enggak rame hehe.



Oiya, ada lagi nih kumpulan upcycle yang saya buat dari jeans bekas. Klik aja disini ;)




Nah gimana menurutmu? Enggak sulit kan recycling barang? Lebih pilih upcycle atau downcycle?

Well, both upcycling and donwcycling are fun! Barang yang gak terpakainya berkurang, malahan jadi punya barang baru. Plusnya lagi, jadi lebih ramah lingkungan juga! Yuk mulai recycle barang bekasmu! :>





Unknown

Hi there! You just read Upcycle dan Downcycle ♲. Thank you for stopping by, hope you enjoy & find this article useful+helpful. Cheers! ☺♥

2 comments:

  1. Halo :)
    Lagi iseng browsing soal recycle nyangkut ke sini..
    Postingannya menarik btw, aku juga suka upcycle :)
    Salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo.. makasih ya udah mampir & baca2 disini ehehe. Wah boleh tuh dishare hasil upcyclenya untuk nambah2 inspirasi :D btw salam kenal juga ya :)

      Delete

Ada komentar? Silakan tulis dengan sopan ya.. Terimakasih ☺

Powered by Blogger.